Komponen Perangkat Lunak pada iMac

Perangkat lunak adalah seluruh data, informasi dan program yang disimpan secara digital dalam komputer dan dapat dibaca dan ditulis oleh komputer. Selain itu, perangkat lunak juga berisi instruksi-instruksi untuk perangkat keras yang digunakan untuk menyelesaikan tugasnya.

1. Sistem Operasi
    Perangkat lunak ini berisi sekumpulan program terintegrasi yang dapat digunakan untuk mengolah perangkat keras dan perangkat lunak yang terpasang pada komputer. Ada beberapa jenis sistem operasi modern yang dikembangkan, diantaranya adalah Linux, Android, iOS, Mac OS dan Windows. Setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Perangkat Lunak Aplikasi
    Perangkat ini adalah perangkat yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk melakukan suatu tugas spesifik yang diinginkan pengguna komputer. Ada beberapa pernagkat lunak aplikasi yang umumnya digunakan, doantaranya aplikasi perkantoran, aplikasi grafis, aplikasi multimedia, aplikasi internet (e-mail, chat, browser dan sebagainya), aplikasi keamanan komputer (anti-virus, anti-spam, firewall), aplikasi permainan dan sebagainya.

3. Perangkat Lunak Pengendali Perangkatan Keras
    Perangkat lunak ini digunakan untuk memungkinkan sistem komputer ber-"komunikasi" dengan perangkat keras yang terpasang pada sistem komputer. "Komunikasi" ini mutlak diperlukan oleh sebagian besar perangkat keras agar fungsi dari perangkat keras ini dapat berjalan dengan baik pada sistem komputer. Beberapa perangkat lunak pemgendali terkadang sudah tersedia dalam sistem operasi.

4. Perangkat Lunak Gratisan
    Perangkat lunak ini dapat digunakan tanpa perlu membayar atau dibatasi jangka waktu. Pembuatnya merancang perangkat ini dengan tujuan untuk disumbangkan pada komunitas.

5. Perangkat Lunak Perusak
    Perangkat lunak ini dibuat untuk masuk ke dalam sistem komputer merusak kinerja sistem. Ada berbagai jenis perangkat perusak, diantaranya adalah virus, cacing komputer (worm), kuda trojan, pengintai (spyware), iklan tak jujur (adware) dan sebagainya.

Comments

Popular Posts