Komponen Perangkat Keras pada iMac

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer yang dapat dilihat dengan mata dan disentuh dengan tangan. Perangkat ini dapat digunakan utk melakukan aktivitas memasukkan, memroses, mengolah ataupun menyimpan data. Beberapa komponen perangkat keras komputer diantaranya adalah sebagai berikut :

• Perangkat pemroses
   Perangkat ini digunakan untuk melakukan pemrosesan data dan sering disebut sebagai CPU (Central Processing Unit) atau disingkat menjadi prosesor. Prosesor merupakan "otak" dari komputer dan melakukan hampir sebagian besar kalkulasi dalam komputer. Karena itu, CPU dapat dikatakan sebagai elemen yang paling penting dalam sebuah sistem komputer. Namun sejak tahun1970, pengimplementasi CPU diganti dengan mikroprosesor yang terdiri dari transistor mini dan sirkuit lainnya diatas sebuah semi-konduktor terintegrasi.

• Media Penyimpanan
   Perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan program aplikasi, berkas data dan dokumen yang diproses oleh prosesor. Beberapa contoh media penyimpanan adalah RAM, ROM, cache memory, harddisk, flash memory, CD, DVD dan sebagainya.

• Perangkat Masukan
   Perangkat ini digunakan untuk memasukkan atau memberikan data atau sinyal kendali untuk suatu sisyem pemrosesan informasi. Beberapa contoh perangkat masukan adalah kibor, tetikus, pemindai, joystick dan sebagainya.

• Perangkat Keluaran
   Perangkat ini digunakan untuk menampilkan hasil pemrosesan data oleh komputer. Hasil ini dapat dilihat melalui monitor atau proyektor, suara dari speaker, hasil cetakan dari mesin cetak dan sebagainya.

• Perangkat Komunikasi
   Perangkat ini digunakan untuk membantu memroses dan memindahkan data atau informasi dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya. Salah satu prosedur yang dapat dijadikan sebagai perangkat komunikasi pada sistem komputer adalah protokol dengan perangkat yang memungkinkan komunikasi ini adalah modem, NIC (Network Internet Card), hub, bridge, router, gateway dan sebagainya.

Comments

Popular Posts