Komponen di Dalam iMac

1. Screen digunakan untuk melihat hasil pekerjaan yang dibuat dan diproses pada komputer.

2. Logic Board
    Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan dan mengendalikan semua aspek dari komputwr, termasuk menyediakan sambungan listrik untuk memungkinkan komunikasi antar komponen sistem komputer. Perangkat ini juga menghubungkan CPU dengan perangkat dan sistem lainnya yang ditempel pada logic board. Oleh karena itu, perangkat ini sebenarnya sama dengan papan utama (motherboard) pada komputer PC.

3. Ports
    Perangkat ini digunakan sebagai jembatan yang menghubungkan perangkat keras dari luar komputer ke sistem atau komponen di dalam komputer. Pada iMac, port ini terdapat pada bagian belakang iMac. Ada beberapa macam port yang terdapat pada iMac, diantaranya adalah : USB, Firewire, Ethernet, Audio dan External Display.

4. GPU (Graphics Processing Unit)
    Sering disebut sebagai VPU (Visual Processing Unit) dan merupakan sirkuit khusus yang dirancang untuk dengan cepat memanipulasi dan mengubah memori sehingga mempercepat pengolahan gambar atau grafis.

5. RAM (Random Access Memory)
    Perangkat ini merupakan salah satu bentuk penyimpanan data pada komputer. RAM akan menjaga data dan informasi dari perangkat lunak yang sedang digunakan. Penggunaan RAM pada komputer merupaka cara yang sederhana dan murah untuk mengingatkan kinerja komputer. Akan tetapi, RAM tidak dapat menyimpam data secara permanen, sehingga jika listrik mati atau kompiter dimatikan maka seluruh data pada RAM akan dihapus.

6. CPU (Central Processing Unit)

7. LED Driver Board
    Bagian ini menyediakan daya untuk layar LED iMac.

8. PSU (Power Supply Unit)
    Perangkat ini digunakan untuk memasok arus listrik ke komponen internal di dalam sebuah komputer sevara nirkabel.

9. Wireless Antena
Perangkat ini digunakan untuk mengakses jaringan Wi-Fi dan menggunakan komputer secara nirkabel.

10. Internal Hard Disk Drive (HDD)
      Perangkat ini merupakan tempat utama untuk penyimpanan seluruh data. Sistem operasi, perangkat lunak dan semua berkas/dokumen komputer disimpan pada bagian ini. Berbeda dengan RAM, HDD menyimpam denfan permanen sehingga jika daya listrik mati atau komputer dimatikan, data dan aplikasi tidak akan hilang dan masih dapat diakses sewaktu komputer dihidupkan kembali.disc)

11. Optical Disk Drive (OOD)
      OOD merupakan penggerak cakram (disk drive)yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnet untuk membaca atau menulis data ke atau dar8 cakram optis (optical disk). Alat perekan data ke cakram optis sering disebut sebagai recorder, pembakar atau penulis. Beberapa contoh perangkat OOD adalah cakram kompak (compact disc), DVD (digital verstile disc), BD (blu-ray disc).

12. CPU Cooling System
      Bagian ini membantu CPU dan komputer tidak terlalu panas akibat banyaknya kalkulasi dan fungsiyang digunakan sekaligus.

Popular Posts